• Minggu, 27 November 2022

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Satu Kali Olesan

- Kamis, 26 Mei 2022 | 22:07 WIB
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

 

Menghilangkan bekas jerawat merupakan proses yang bisa dilakukan secara medis maupun secara herbal. Adapaun bekas jerawat disebabkan oleh akumulasi bakteri penyebab noda pada permukaan kulit. Noda, atau lesi jerawat, adalah area kecil yang meradang pada kulit. Lesi ini bisa berupa komedo hitam, komedo putih, atau kista. Bekas jerawat dapat berkembang dari semua jenis jerawat, tetapi paling umum dari kondisi yang lebih parah, seperti nodul atau kista.

Ada dua cara utama untuk menghilangkan bekas jerawat: pelapisan ulang kulit dan perawatan laser. Pelapisan kembali kulit, biasanya dilakukan oleh ahli bedah plastik, menghilangkan seluruh lapisan kulit yang terkena lesi jerawat.

Menghilangkan bekas jerawat dapat dilakukan dengan dua cara: dengan eksisi (menghilangkan) seluruh lesi, atau dengan mengurangi (mengurangi) ukuran lesi dengan membakarnya dengan energi frekuensi radio atau bahan kimia yang disebut fenol. Pelapisan kembali kulit adalah prosedur yang panjang dan menyakitkan, dan dapat menyebabkan beberapa kehilangan kulit.

Perawatan laser adalah pendekatan yang lebih baru dan lebih maju untuk menghilangkan bekas jerawat. Ini menggunakan broadband, cahaya intens yang menghancurkan sel laser (sel yang dihancurkan laser). Perawatan ini tidak terlalu menyakitkan dan memiliki waktu pemulihan yang lebih cepat daripada pelapisan kembali kulit, tetapi tidak selalu berhasil.

Ada beberapa metode yang bekerja dengan cepat untuk menghilangkan bekas jerawat. Perawatan penghilangan bekas luka jerawat menggunakan dermabrasi, alat penghisap, dan laser adalah yang paling populer. Perawatan ini dilakukan di kantor dokter sebagai prosedur rawat jalan, dan biasanya memerlukan janji temu satu kali.

Beberapa perawatan dermabrasi yang paling populer termasuk Radio Frequency and Infrared Dermabration Treatment dan Thermage Skin Resurfacing. Perangkat hisap, seperti Sistem Dermabrasi Erbe, menggunakan semburan udara untuk menghilangkan sel-sel kulit dan bekas luka.

Perawatan laser yang biasa digunakan untuk menghilangkan bekas luka jerawat termasuk laser Sébastien Malige Paris dan laser CO2. Bekas luka jerawat adalah tanda permanen yang tidak sedap dipandang pada wajah yang dapat diakibatkan oleh berbagai kondisi kulit.

Bekas jerawat dapat disebabkan oleh lesi jerawat, yaitu benjolan merah atau jerawat yang berkembang jauh di dalam kulit. Jaringan parut juga dapat terjadi sebagai efek samping pengobatan untuk jenis noda lainnya. 

Halaman:

Editor: Muchamad Awaludin

Tags

Terkini

Terpopuler

X